Sabtu, 12 September 2009

Soal jawab hukum maritim 3

1.a. Letter Of Indemnity :

Jawab:
apabila pihak pengirim barang mendptkan kesulitan dgn pihak perbankan,sehubungan jumlah uang yg mestinya dpt ia peroleh sbg uang panjar dari pihak pertama,maka pihak pengirim barang akan meminta penerbitan konosemen bersih.

b. Bank Quarantee:
Jawab:
apabila barang yg diangkut oleh kpl telah tiba dipelabuhan tujuan tetapi konosemen asli blm diterima oleh pihak penerima maka pihak pengangkut bersedia menyerahkan barang jika pihak penerima memberikan jaminan berupa garansi bank sbg pengganti order B/L.

2.a.Apakah yg tercakup dlm tanggung jawab pihak pengangkut :
Jawab:
- membuat kpl laik laut
- mengawaki, melengkapi dan mem-
bekali kpl secukupnya..
- mempersiapkan ruang muatan,kmr es dan kamar dingin dan semua bagian kpl dpt diterima,diangkut,dan disimpan dgn baik dan aman.

b. Menurut butir a diatas mengapa pemilik muatan mengasuransikan muatannya ?
Jawab:
Pemilik kpl mengasuransikan muatannya krn pihak pengangkut telah melakukan Due Diligence yg membuat kpl laik laut maka pihak pengangkut tdk bertanggung jawab atas kerusakan barang akibat kpl tdk laik maupun akibat kesalahan navigasi dan pengolahan kpl.

c. Jenis charter yg memuat clausa:
Jawab:
1.Deadfreight dlm voyage charter
2. Breakdown clausa dlm time charter

3.a. Tanggung jawab pidana dan perdata dlm kaitannya dgn tanggung jawab pencemaran;
Jawab:
- Tanggung jawab pidana: bagi seorang yg dgn sengaja mencemari lingk.laut dpt dikenakan pidana penjara maksimal 5 thn
- Tanggung jawab pedata: bagi seorang yg dgn sengaja mencemari lingk.laut dpt dikekakan denda 240jt.
b. Pemilik kpl bebas dr tanggung jw

pencemaran laut dari kplnya berdasarkan international conv. on civil liability for oil pollution damage 1969 amandement 1992;
Jawab:
- apabila tumpahan yg dilakukan adlh u/ tujuan keselamatan kpl.
- akibat kerusakan pd kpl atau perlengkapannya asalkan semua tindakan pencegahan yg wajar telah diambil setelah terjadinya kerusakan atau saat dideteksinya tumpahan untuk mencegah atau meminimalkan tumpahan tsb.

c. Berapa bts tanggung jwb max pd butir “b” di atas.
Jawab:
Batas tanggung jwb maksimum: sesuai ketentuan di Inggris, owners, atau master dpt dikenakan denda 1 pounds(1 gr nilai emas)pd thn 1924.apabila melewati batas tsb akan ditutup oleh P&I.

4.Kedaulatan yg dimiliki sebuah negara pantai menurut UNCLOS 1982 thd:
a. Laut territorial dan pedalaman: menjaga kedaulatan negara dr gangguan luar yg membahayakan negara.
b. Zona tambahan: mengadakan pengawasan atas masalah² bea cukai,fiscal,imigrasi,dan kesehatan.
c. Zona ekonomi ekslusif: melaksanakan kedaulatan atas sumber kekayaan alam yg terkandung didlmnya dan yurisdiksi atas instalasi pengaturan riset ilmiah kelautan serta perlindungan dan pelestarian lingkungan laut.

5.a.hal2 yg berkaitan dgn B/L antara lain tgg jwb serta sebutkan jenis2 B/L ?
Jawab:
Tanggung jwb kpl dlm pengangkutan muatan adlh dilakukannya due diligence.

Jenis² Bill of Lading”
1. menurut cara pengapalan:
- shipped/on board B/L
- received B/L

2. menurut pihak yg menerima barang:
- straight B/L
- to the order of
- to bearer

3. menurut kepentingan perdagangan:
- negotiable B/L
- non-negotiable B/L

4. menurut keutuhan barang ;
- clean B/L
- claused/foul B/L

5. menurut pelabuhan tujuan:
- direct B/L
- through B/L
- optional B/L
- groupage B/L
- house B/L

b. The holder of this B/L is the owner of the good state here in ?
Jawab:
maksudnya bahwa siapa saja yg memegang B/L tsb adlh pemilik dr barang tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar